Friday, May 29, 2020

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia, Bukalapak, dan blibli

Review E-Commerce Bukalapak, blibli, dan Tokopedia

Sejak Tahun 2010 Indonesia sudah mulai memasuki online shopping atau bisa disebut belanja online, ada 3 E-Commerce besar yang asli Indonesia diantaranya Bukalapak, blibli, dan Tokopedia 3 perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang menyediakan jasa belanja online terbesar di Indonesia, selain 3 perusahaan tersebut tentunya di Indonesia ini ada perusahaan yang menyediakan jasa serupa diantaranya Amazon, Banggood, dsb lalu pada minimarket ada Klik Indomaret, Alfagift, dsb. Namun pada kesempatan ini saya hanya akan membahas mengenai Bukalapak, blibli, dan Tokopedia.

1.      Bukalapak


Pendiri sekaligus CEO Bukalapak adalah seorang pria kelahiran Sragen yang bernama Achmad Zaky. Beliau merupakan pria kelahiran tanggal 24 Agustus 1986. Sejak berada di bangku SMA, pria ini sudah akrab dengan komputer khususnya software. Hobinya mulai berkembang saat menduduki bangku kuliah.

Lulus dari ITB, Zaky melamar pekerjaan pada 3 perusahaan namun kesemuanya ditolak. Sejarah Bukalapak dimulai ketika Zaky Terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat Indonesia.  Dari situ Zaky mulai merintis Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000.

Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat. Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yakni menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri. UKM juga memberi kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia. Bukalapak berkantor di kawasan Kemang Timur – Pejaten. Adapun kantor customer relationnya berada di Plaza 88 yang terletak di kawasan Kemang Bangka.

Kelebihan Bukalapak :

1.      Mudah dalam membuat akun sebagai pembeli/penjual

2.      Beraneka ragam barang yang disajikan dan dijual oleh para pelapak sehingga dapat memudahkan Pembeli untuk mencari barang yang diinginkan

3.      Harga yang di cantumkan lebih murah

4.      Menyajikan banyak promo pada setiap harinya

5.      Flash sale yang diberikan dapat menarik perhatian

6.      CS yang sangat sigap

 

Kekurangan Bukalapak ;

1.      UI Aplikasi yang kurang enak sehingga menyulitkan bagi orang awam

2.      Banyak pelapak yang tidak aktif

 

2.      Tokopedia


Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).

Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.

Kelebihan Tokopedia :

1.      UI Aplikasi yang sangat nyaman digunakan

2.      Pembayaran dapat dilakukan pada banyak Merchant

3.      Flashsale yang sangat beragam

4.      Harga Produk yang bervariasi

5.      Mengadakan banyak promo

6.      Pembelian lebih aman dan jika ada barang tidak sesuai maka uang dapat di refund

7.      CS dapat dihubungi melalui media sosial Twitter

8.      Dapat menabung emas dan reksadana pada aplikasi tokopedia

Kekurangan Tokopedia :

1.      Terlalu banyak jasa yang ditawarkan sehingga kurang optimal

 

3.      Blibli


Blibli.com adalah salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Dengan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan teknologi provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Djarum Group melalui Global Digital Prima Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc, sebuah inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal bagi start-up lokal yang inovatif. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampir mencapai Rp 100 miliar.

Blibli.com pada 29 Februari 2012 meraih penghargaan The Best e-Commerce dari ajang Gadget Award 2012. Penghargaan ini diterima Blibli.com berkat apresiasi konsumen atas konsistensi Blibli.com dalam menghadirkan berbagai gadget terbaru, promo menarik yang memanjakan gadget lover, dan program komunikasi yang kreatif. Penghargaan tersebut diharapkan memacu Blibli.com yang ingin menjadikan online shopping sebagai tempat tujuan utama masyarakat Indonesia yang trend conscious dan lifestylle savvy untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dalam menunjang gaya hidup modern yang smart dan dinamis.

Kelebihan blibli :

1.      Produk yang ditawarkan Original

2.      Konsep sepeti belanja di mall

3.      Harga barang yang disediakan oleh official lebih murah

4.      CS yang cekatan dengan fitur Live chat

5.      Pemesanan dan pengiriman dijamin aman

Kekurangan blibli

1.      Aplikasi yang kurang nyaman digunakan

2.      Tidak ada fitur chat dengan penjual

3.      Kurannya fitur mencari barang ditoko yang sama

4.      Alamat pengiriman yang kurang lengkap seperti Kabupaten yang baru

5.      Pengiriman oleh penjual sedikit lama

Berikut diatas merupakan kelebihan dari masing masing e-commerce yang berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi namun dari saya sendiri lebih nyaan menggunakan aplikasi blibli karena dari jaminan blibli sendiri dan barang yang diberikan original namun dengan harga yang lebih murah dbandngkan dengan pesaing lainnya, namun secara tampilan dan kemudahan aplikasi saya lebih memilih menggunakan Tokopedia karena sangat mudah dalam menggunakan aplikasinya, dan dalam mengenai harga Bukalapak yang menjadi pilihan karena menyediakan harga yang jauh lebih murah karena dengan banyaknya dan siapapun dapat menjadi pelapak di bukalapak.

 

1 comment:

  1. Memang betul adanya, kalau semua marketplace memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tapi tokopedia memiliki kelebihan yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen, yg mana jika barang yang dibeli tidak sampai
    tujuan maka uang pembayaran bisa dikembalikan refund ke pembeli, dan itu sangat aman dan nyaman baik untuk penjual dan pembeli. Istilahnya lebih fairness.

    ReplyDelete